Adab & Akhlak

5 Sunnah dan Adab ketika bangun tidur

sunnah adab bangun tidur

Bangun tidur di pagi hari merupakan salah satu nikmat Allah yang senantiasa harus kita syukuri. Oleh karena itu sepantasnyalah kita sebagai seorang muslim harus menggunakan nikmat tersebut untuk beribadah kepadanya.  Agama Islam yang mulia ini mengajarkan kepada kita bagaimana adab dan sunnah Rasulullah Alaihi Sholatu Wa Sallam ketika bangun tidur. Yuk kita kenali 5 sunnah tersebut.

1. Mengusap bekas tidur yang ada di wajah dengan tangan

Hal pertama sebagai sunnah ketika bangun adalah mengusap wajah dengan tangan terhadap bekas-bekas tidur. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan kantuk sebagaimana hadits berikut:

فَجَلَسَ يَمْسَحُ النَّوْمَ عَنْ وَجْهِهِ بِيَدِهِ ، ثُمَّ قَرَأَ الْعَشْرَ الآيَاتِ الْخَوَاتِمَ مِنْ سُورَةِ آلِ عِمْرَانَ

Beliau duduk, lalu mengusap bekas kantuk yang ada di wajahnya dengan tangannya, kemudian beliau membaca 10 ayat terakhir surat Ali Imran. (HR. Ahmad 2201, Bukhari 183, Nasai 1631, dan yang lainnya).

2. Berdoa ketika bangun tidur

Berdoa merupakan sunnah yang dianjurkan dalam melakukan setiap kegiatan termasuk ketika bangun. Doa Bangun Tidur yang dibaca Rasulullah adalah sebagai berikut:

أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- كَانَ إِذَا اسْتَيْقَظَ قَالَ: الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Alhamdulillaahilladzii ahyaanaa ba’damaa amaatanaa wa ilaihinnusyuur.

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan hanya kepada-Nya kami dikembalikan,” (HR. Bukhari 6312, Muslim 2711, dan yang lainnya).

3. Bersiwak atau menggosok gigi

Setelah itu sunnah selanjutnya ketika bangun tidur adalah bersiwak atau menggosok gigi. Siwak bisa dilakukan menggunakan kayu siwak atau bisa juga menggosok gigi menggunakan pasta gigi.

Sahabat Hudzaifah Radhiallahu ‘anhu menceritakan,

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا قَامَ مِنَ اللَّيْلِ، يَشُوصُ فَاهُ بِالسِّوَاكِ

Nabi Shollallahu’alaihi wassalam apabila bangun malam, beliau membersihkan mulutnya dengan bersiwak. (HR. Bukhari 245 dan Muslim 255)

4. Beristintsar atau membersihkan hidung

Sunnah ini dilakukan dengan cara menyedot air kedalam hidung kemudian mengeluarkan air tersebut. Hal ini dilakukan 3 kali sehingga rongga hidung menjadi bersih. Sunnah ini dilakukan karena setan menginap di lubang hidung ketika manusia tidur.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا اسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ مِنْ مَنَامِهِ فَلْيَسْتَنْثِرْ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ، فَإِنَّ الشَّيْطَانَ يَبِيتُ عَلَى خَيَاشِيمِهِ

“Apabila kalian bangun tidur maka bersihkan bagian dalam hidung tiga kali karena setan bermalam di rongga hidungnya.” (HR. Bukhari 3295 dan Muslim 238)

5. Mencuci kedua tangan tiga kali

Sunnah dan adab terakhir ketika bangun tidur adalah mencuci kedua tangan sebanyak 3 kali.

Dari Abu Hurairoh Radhiallahu anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi wassalam berpesan,

إِذَا اسْتَيْقَظَ أَحَدُكُمْ مِنْ نَوْمِهِ، فَلَا يَغْمِسْ يَدَهُ فِي الْإِنَاءِ حَتَّى يَغْسِلَهَا ثَلَاثًا، فَإِنَّهُ لَا يَدْرِي أَيْنَ بَاتَتْ يَدُهُ

Apabila kalian bangun tidur maka janganlah dia mencelupkan tangannya ke dalam wadah, sebelum dia mencucinya 3 kali, karena dia tidak mengetahui dimana tangannya semalam berada.” (HR. Bukhari dan Muslim 278).

Demikianlah penjelasan tentang 5 sunnah atau adab ketika bangun tidur. Semoga kita dapat mengamalkan sunnah-sunnah tersebut sehingga hidup menjadi semakin berkah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *